Tangsel

Tingkatkan Pelayanan, BPN Tangsel Tambah Fasilitas Publik

Palapanews.com- Kantor Pertanahan/BPN Tangerang Selatan (Tangsel) terus melakukan inovasi untuk menunjang pelayanannya. Yakni dengan menambah berbagai fasilitas umum untuk memenuhi kebutuhan bagi para pemohon.

“Karena memikirkan kebutuhan pemohon, ya kita melakukan riset kecil-kecilan. Ternyata menjadi pemohon yang menunggu itu membosankan. Jadi kita lakukan inovasi dengan menambah fasilitas publik di penataan ruang,” ujar Kepala Kantor Pertanahan/BPN Tangsel, Harison Mocodompis di kantornya pada Selasa (23/8/2022).

Adapun beberapa fasilitas diantaranya, Pojok Zona Integritas yang jadi satu dengan Costumer Service dan Pengelolaan Pengaduan, Ruang ASI, Ruang bermain anak bagi pemohon yang membawa balita, Reading Corner atau pojok baca yang dilengkapi beragam buku bacaan.

Lalu Community Empowerment Corner untuk memasarkan produk UKM asal Tangsel, klinik bagi pemohon ataupun karyawan yang mengalami keluhan kesehatan saat berkerja dan terakhir Sultan Cafe, dimana pemohon bisa menikmati minuman dan makanan sambil menunggu antrian.

“Jadi kita buat pemohon senyaman mungkin. Bukan hanya fasilitas publik di penataan ruangan saja yang kita tambah, tapi layanan pengaduan melalui website hingga e-ticket untuk antrian secara online. Saya tunjuk perwira untuk meninjau staff yang bertugas dalam pelayanan,” ungkapnya.

Semua metode tadi, menurut Harison, untuk membuat saluran pelayanan menjadi lebih mudah. Dengan sistem ini, semua masyarakat kuasa PPAT atau lainnya mempunyai kesempatan yang sama untuk menerima layanan di BPN.

“Dengan kuota antrian 120/hari. Jadi tidak ada penyerahan produk secara diam-diam mengingat BPN Tangsel telah mendapat predikat Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK)/Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM),” lanjutnya.

Selain itu, BPN Tangsel juga memiliki kemudahan dalam permohonan lain, yakni membuka kantor pada Sabtu-Minggu hingga jam 12.00 untuk pemohon langsung atau bukan kuasa dengan semua jenis layanan.

Baca Juga: Wamen ATR/BPN Apresiasi Pelayanan Kantor BPN Tangsel

“Hal ini lantaran kesibukan para pekerja di hari biasa, jadi kita permudah semua jenis layanan di saat weekend. Ditambah dengan hadirnya loket BPN Tangsel di Mal Pelayanan Publik (MPP) pada saat weekday pukul 08.00 hingga 12.00 siang,” tandasnya. (nad)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button