Banten

Hijaukan Kampus, BCA dan UNTIRTA Tanam 3.000 Bibit Pohon

Beritatangerang.com- Menyongsong perwujudan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs), PT Bank Central Asia Tbk (BCA) bersama dengan civitas Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (UNTIRTA) melaksanakan program penghijauan dengan menanam 3.000 bibit pohon di Kampus Sindangsari.

Turut hadir Kepala BCA Kantor Wilayah XII Fely Hadinata, Kepala BCA KCU Serang Budiman Sugianto, Kepala Pendukung Operasional BCA Kantor Wilayah XII Mesra Linda, Rektor UNTIRTA Fatah Sulaiman dan Kepala DLHK Provinsi Banten Wawan Gunawan, beberapa waktu lalu. Lalu segenap karyawan BCA, mahasiswa baru UNTIRTA serta masyarakat umum yang berpartisipasi dalam melakukan penanaman bibit.

Menurut Kepala BCA KCU Serang Budiman Sugianto, aksi penghijauan menjadi salah satu upaya nyata yang dapat dilakukan saat ini untuk mengurangi dampak dari pemanasan global. Sebagai perbankan nasional yang turut berkontribusi dalam berbagai kegiatan lingkungan, BCA menghadirkan rangkaian program Walk For Tree yang menggaungkan aksi penghijauan.

“Kali ini, BCA bersama dengan UNTIRTA bersinergi untuk melakukan penanaman 3.000 pohon di kawasan Kampus Sindangsari. Kegiatan ini juga turut melibatkan mahasiswa baru sebagai representasi generasi muda yang memiliki peran kuat dalam pembangunan negeri,” ujarnya.

Pada kesempatan ini, terdapat 3.000 bibit pohon yang berasal dari kelompok tani Binaan Dinas Pertamanan dan Kehutanan DKI Jakarta. Pohon tersebut terdiri dari berbagai pohon kayu dan pohon buah, nantinya pohon buah ini juga dapat dimanfaatkan buahnya oleh segenap warga kampus. Area penanaman pohon kali ini menjadi area terluas dalam program Walk For Tree yaitu sekitar 30.000 meter persegi. Area ini juga dipilih karena memiliki lahan terbuka yang potensial untuk ditanami berbagai jenis tanaman.

Sementara Rektor UNTIRTA Fatah Sulaiman menyambut dengan hangat program penghijauan di Kampus Sindangsari. Pihaknya meyakini akan menambah nilai positif bagi kampusnya.

“Keterlibatan mahasiswa sebagai agent of change juga menjadi upaya nyata yang kami lakukan untuk mengajak generasi muda untuk menjaga dan melestaplpan lingkungan hidup. Kami berharap dengan adanya program ini dapat membuat area kampus kami lebih rindang dan menciptakan suasana belajar-mengajar yang menyenangkan,” ungkap Fatah.

Menandai perayaan ulang tahun ke-65, PT Bank Central Asia Tbk (BCA) kembali mewujudkan komitmen terhadap agenda SDGs tersebut dengan menargetkan penanaman 18 ribu pohon, sekaligus memperkuat kesadaran insan BCA atas nilai utama pelestarian lingkungan.

“BCA Go Bi6 5tep,” menjadi tema utama dalam gerakan penanaman pohon ini, yang mengajak 25 ribu karyawan BCA di 12 Wilayah dan Kantor Pusat untuk melakukan “virtual walk” dengan nama Walk for Tree demi aksi penyelamatan bumi. Setiap partisipasi langkah virtual walk karyawan BCA akan dikonversi kedalam bibit pohon untuk ditanam di area hutan kota, hutan bakau, pemukiman penduduk, tepi jalan tol/jalan raya di berbagai wilayah di Indonesia.

Untuk diketahui, inisiatif Walk for Tree akan berlangsung dari Maret hingga seluruh bibit pohon selesai ditanam dan akan dilanjutkan dengan kegiatan perawatan. Jenis-jenis pohon yang akan ditanam memiliki dampak signifikan terhadap pengurangan emisi karbon, pemulihan alam serta pengaturan iklim. (plp)

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close