Kota Tangerang

Hari Disabilitas Internasional, Bersikap Ramah Saat Membantu

Beritatangerang.com- Hari penyandang disabilitas Internasional selalu diperingati setiap tahun yakni pada 3 Desember. Momen ini dijadikan promosi akan hak dan kesejahteraan penyandang disabilitas di semua golongan masyarakat.

Kepala Puspaga Kota Tangerang, Sri Damayanti mengungkapkan, hingga saat ini masih banyak kasus diskriminasi atau prilaku kurang nyaman yang diterima para penyandang disabilitas, saat dirinya dilihat banyak orang.

“Menyesuaikan diri dan bersikap ramah pada penyandang disabilitas bisa meningkatkan kemandirian dan kepercayaan diri mereka yang punya keterbatasan. Dengan itu, kita perlu tau bagaimana bersikap ramah saat membantunya,” ungkap Sri, Jumat, 3 Desember 2021.

Ia menambahkan, ada beberapa cara untuk bersikap ramah pada penyandang disabilitas yang bisa dilakukan dengan cara-cara sederhana. Mulai dari, perlakukan mereka secara sama.

“Semua orang ingin memiliki teman, kebahagiaan, dan kesempatan. Jangan pernah takut, skeptis, atau malu mendekati seseorang dengan disabilitas,” tegasnya.

Kedua, selalu tanyakan sebelum membantu. Jangan pernah menganggap seseorang dengan disabilitas memiliki level rendah. Jika seseorang terlihat seperti sedang berjuang, tanyakan sebelum membantunya. Mereka mau menerima bantuan, atau mereka ingin semua dibiarkan mandiri. Perlu diketahui, penyandang disabilitas justru lebih tangguh dan kuat dalam hidup mandiri.

“Ketiga, jangan anggap mereka berbeda. Cukup perlakukan mereka sebagai individu karena semua orang harus diperlakukan sama. Keempat, jangan menatap mereka terlalu lama, hal itu bisa menyinggung perasaannya,” tutur Sri.

Terakhir, kata Sri, harus saling menghargai. Setiap orang memiliki privasi. “Selalu minta izin untuk membahas isu disabilitas sebelum bertanya,” tutupnya.(plp)

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button
Close
Close