Kota Tangerang

Disnaker Gelar Seminar Transformasi Menuju Digitalisasi, Wali Kota: Karyawan Harus Sejahtera

Beritatangerang.com- Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Kota Tangerang menggelar seminar yang bertemakan HR Transformation Towards Digitalization, yang bertempat di Ruang Rapat Akhlakul Karimah Pusat Pemerintahan Kota Tangerang, Sabtu,18 Maret 2023.

Wali Kota Tangerang, Arief R Wismansyah yang hadir dalam seminar tersebut menyampaikan, di era digital ini, transformasi digital merupakan sebuah keniscayaan, mengingat perkembangan teknologi yang sudah begitu pesat.

“Saya selalu katakan, kita ini sudah berada di era disruption, era di mana segalanya sangat dinamis dan cepat berubah. Istilahnya adalah product life cycle itu dulu bisa 5 sampai 7 tahun tapi sekarang dua tahun juga sudah berubah,” ucap Wali Kota.

Wali Kota menambahkan, dunia usaha pun juga harus dapat beradaptasi dengan cepat, tidak hanya bapak-Ibu di duniawali usaha dan swasta saja, Pemerintahan Kota Tangerang juga dituntut harus selalu mengejar dan mengikuti perkembangan zaman yang sudah serba cepat ini.

Arief mencontohkan, berbagai pelayanan dan program, baik untuk pelayanan publik maupun  sistem birokrasi di lingkup Pemkot Tangerang, telah menerapkan transformasi digital melalui modul-modul aplikasi yang ada dalam super Apps Tangerang Live.

“Semangatnya adalah menyederhanakan sehingga pelayanan-pelayanan bagi masyarakat kami mudahkan untuk diakses yaitu melalui aplikasi Tangerang Live,” imbuhnya.

Untuk di bidang kepegawaian, Pemkot  Tangerang telah menerapkan sistem absensi e-gov dengan geo tagging dan juga face recognition, agar lebih akurat. Karena perusahaan dan lembaga akan lebih maju dan berkembang jika pegawai-pegawainya berintegritas. “Nah teknologi ini salah satu tools yang dapat membantu dalam menjaga integritas dan kedisiplinan para pegawai,” katanya.

Lebih lanjut, Arief juga menyebut, peran personalia dan HRD sangatlah penting dalam mendorong efektivitas dan efisiensi dalam meningkatkan performa dan juga produktivitas perusahaan.

Karena aset terbesar dari suatu perusahaan itu, sambung Arief, adalah Sumber Daya Manusia (SDM). Sayangnya di era yang serba tidak pasti ini, perusahaan itu dituntut untuk semakin efisien. Sehingga realitanya, perusahaan kini tidak lagi mengedepankan padat karya tetapi padat teknologi.

“Inilah peran penting human resource yaitu agar dapat mendorong serta memaksimalkan potensi SDM yang dimiliki, terlebih diera digitalisasi, semua pekerjaan sudah menggunakan management information system,” imbuh Arief.

Dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat semakin meningkatkan pemahaman para HRD dan personalia perusahaan dalam mengoptimalkan penerapan transformasi digital guna mendorong efektivitas dan efisiensi kerja di lingkup perusahaan masing-masing.

“Saya berharap transformasi digital benar -benar bisa dioptimalkan, tidak hanya bagi kemajuan perusahaan, namun juga untuk kesejahteraan karyawan,” paparnya.(plp)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button